Featured Posts
Recent Articles

Kabupaten Bengkalis

Lambang Kabupaten Bengkalis
Kabupaten Bengkalis sebuah negeri yang memiliki semboyan "kota Terbuk negeri junjungan" yang juga merupakan Kabupaten Terkaya di Pulau Sumatra dan No.2 Nasional. kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya terdiri dari daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 11.481,77 km². Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau.


Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).


Peta Kabupaten Bengkalis



Kondisi Geografis


Bengkalis merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian rata-rata sekitar 1-6,1 m dari permukaan laut. Sebagian besar merupakan tanah organosol, yaitu jenis tanah yang banyak mengandung bahan organik. Di daerah ini juga terdapat beberapa sungai, tasik (danau) serta 24 Pulau besar dan kecil. Beberapa di antara pulau besar itu adalah Pulau Rupat (1.524,84 km²) dan Pulau Bengkalis (938,40 km²).

Pembagian Administratif


Secara Administrasi Pemerintah, Kabupaten Bengkalis terbagi dalam 8 Kecamatan, 20 Kelurahan, 83 Desa dengan luas wilayah 11.481,77 km². Tercatat jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis 690.366 jiwa dengan sifatnya yang heterogen, mayoritas penduduknya adalah penganut agama Islam. Disamping suku Melayu yang merupakan mayoritas penduduk, juga terdapat suku-suku lainnya seperti : suku Minang, suku Jawa, suku Bugis, suku Batak, etnis Tionghoa dan sebagainya. Bengkalis sebagai ibu kota kabupaten dikenal juga dengan julukan Kota Terubuk, karena daerah ini adalah penghasil telur ikan Terubuk yang sangat disukai masyarakat karena rasanya yang amat lezat dan tentu saja menyebabkan harga telur ikan Terubuk menjadi amat mahal. Kota lainnya adalah Duri sebagai daerah penghasil minyak.

Pariwisata

Di Kabupaten Bengkalis banyak sekali daerah potensi wisatanya diantaranya sebagai berikut :
  1. Pantai Pasir Panjang di Pulau Rupat
  2. Pantai Selat Baru
  3. Hutan Lindung dan Pusat Pelatihan Gajah

Share and Enjoy:

0 comments for this post

Leave a reply

Berlangganan Di Sini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Sponsors
pariwisata-riau.blogspot.com/pariwisata-riau.blogspot.com/pariwisata-riau.blogspot.com/
pariwisata-riau.blogspot.com/pariwisata-riau.blogspot.compariwisata-riau.blogspot.com/
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Search
Archives
Recent Comments